Ads Top

Ini 5 makanan dan minuman yang selalu ada saat lebaran di wilayahku

 Lebaran atau hari raya idul fitri adalah hari raya bagi umat islam seluruh dunia tak terlepas untuk daerahku di medan. Disini banyak kearifan budaya dan kuliner yang menonjol sehingga memiliki berbagai jenis budaya dan masakan berenaka ragam yang membuat tempat ini mennjadi surga kuliner. Tak terlepas saat Lebaran pun, pastilah semua orang mempersiapkan masakan yang pastinya enak - enak dan juga lezat. Karena lebaran dan bulan syawal akan habis disini aku akan merangkumnya menjadi 5 makanan dan minuman yang selalu ada saat lebaran. 




1. Lontong Sayur/Kacang

Lontong - salah satu makanan dan minuman yang ada saat lebaran


Ini merupakan salah satu makanan favorit yang lingkungan tempat aku gemari. Hampir setiap tetangga selalu membuat Lontong, entah itu lontong sayur, lontong kacang ataupun sejenisnya dengan berbagai lauk tambahan yang membuatnya semakin lemak. Menu ini biasanya menjadi menu wajib di hari raya pertama, maka tak jarang ketika kita bertamu ketempat sanak saudara maka ini merupakan menu andalannya. Untuk lontong sayur sendiri biasanya ada dihidangkan menggunakan sayur pakis atau orang menyebutnya lontong sayut pakis dengan lauk tambahan biasanya rendang atau ayam. Sedangkan lontong kacang dengan irisan daging di potong kotak yang membuatnya membuat siapapun yang telah puasa selama sebulan menjadi  selera.

2. Kue Nastar

Kue Nastar - salah satu makanan dan minuman yang ada saat lebaran


Kue nastar atau kadang juga disebut sebagai kue nanas. Sepertinya ini menjadi kue wajib setiap rumah kali ya ketika lebaran datang. Hampir setiap rumah yang saya dan keluarga datangi selalu menyajikan kue nastar tetapi dengan tampilan dan rasa yang berbeda. 

3. Minuman Sirup

Minuman Sirup - salah satu makanan dan minuman yang ada saat lebaran


Tidak lengkap makan tanpa minum namanya. Hal yang sering terjadi saat menjelang lebaran bahwa kadang kolega, rekan kerja ataupun tempat kita bekerja pasti akan memberikan minum sirup sebagai salah satu bingkisan lebarannya. Tak heran juga ketika kita bertamu saat lebaran minuman sirup akan tersaji untuk kita. Ditempatku sendiri minuman sirup punya banyak berbagai merk dan rasa tergantung sesuai selera. Selain itu juga minuman sirup ini juga dapat dikombinasikan dengan susu ataupun natadecoco yang membuat rasanya menjadi makin JOS. Ini berdasarkan pengalaman pribadi

4. Rendang

Rendang - salah satu makanan dan minuman yang ada saat lebaran


Jika kita melihat di TV bahwa setiap menjelang lebaran terjadi kenaikan yang cukup tinggi terhadap harga daging, itu benar adanya karnya setiap orang berebut daging untuk membuat olahan makanan berupa rendang. Kita tahu sendiri rendang ini adalah masakan paling lezat yang mana bahan utamanya adalah daging. Sama dengan lontong, rendang juga menjadi andalah orang ketika lebaran. Menurutku terdapat 2 versi penyajian rendang yaitu rendang basah dan rendang kering. Ini juga tergantung dengan pasangan yang akan dimakan apakah dengan nasi atau dengan lontong.

5. Kacang-kacangan

Kacang Kacangan - salah satu makanan dan minuman yang ada saat lebaran


Apakah kalian pernah membuka kaleng yang ada gambar keluarga itu lalu ketika dibuka kalau tidak isinya rengginang atau tidak kacang tojin. Kacang-kacangan juga merupakan yang paling diminati selain banyak jenisnya juga harganya relatif murah dan terjangkau. Untuk kacang tojin sendiri kita dapat memasaknya di rumah ya, tetapi untuk kacang-kacangan jenis lainnya seperti kacang madu ataupun kacang arab dan kacang arcis biasanya para ibu - ibu akan membelinya di pasar. Hal ini dapat kalian liat ketika bertamu pasti selalu ada aja yang mencari kacang-kacangan karena mudah di makan dengan sigap.

Nah itu dia hasil pengamatan aku selama lebaran ini, untuk makanan dan minuman yang selalu ada saat lebaran diwilayahku. Jika teman - teman punya makanan dan minuman lainnya boleh dong komen diblog ku ini. atau jika ada yang salah boleh dikoreksi

No comments :

fajarsiagian. Powered by Blogger.