Ads Top

Pelajaran Kehidupan untuk ANAK kita

keceriaan anak itulah pelajaran masik kecil mereka
Bagi kita yang kelak akan mencadi calon orangtua, mama, atau papa seperti penulis kelak atau yang sudah berkeluarga. kadang kita melupakan hal tepenting yang harus kita ajarkan kepada anak-anak kita. karena dalam ajaran islam, anak kita sejak dalam kandungan telah mempelajari banyak hal meskipun dia belum terlahir kedunia itu. maka dari itu pelajaran pelajaran kali ini dapat membantu kita damalm mengajarkan anak-anak akan kehidupan bukan hanya pelajaran yang mengasah otak tapi juga mengasah karakteristik dan sifat yang baik. berikut pelajarannya yang di kutip dari republika :




1. Kejujuran
Sering kita dengar "Kejujuran adalah kebijakan terbaik". Orang tua harus mengajarkan kejujuran supaya masa depan anak bisa baik. Jika sejak dini anak ditanamkan sifat jujur sampai dewasa mereka akan menjaga kejujurannya, sebagai modal utama menjalani kehidupan.


anak anak yang kampanye berani jujur
berani itu adalah /




2. Kegagalan adalah bagian dari hidup

Anak-anak harus diajarkan bahwa mereka pasti suatu saat akan merasakan kegagalan. Buatlah anak bisa menerima kegagalan yang merupakan bagian dari kehidupan. Kegagalan adalah kunci keberhasilan, jadikan kegagalan sebagai motivasi anak untuk bekerja lebih keras dan supaya mental lebih kuat.






anak yang menghormati ibu dengan simbolis mencuci kaki ibu mereka

3. Menghormati orang lebih tua

Anak-anak harus diajarkan untuk menghormati orang lebih tua, ini akan membuat mereka berperilaku baik. Perilaku anak akan mencerminkan apa yang telah orang tua ajarkan kepada mereka. Menghormati orang yang lebih tua merupakan salah satu pelajaran paling penting dalam hidup. 











orang tua yang mengajarkan anaknya sopan santun
4. Sopan di tempat umum
Anak harus diajarkan bahwa manusia tak bisa hidup sendiri, untuk itu mereka berperilaku baik di depan umum dan menahan diri perbuatan yang menganggu orang lain. Jika anak terbiasa berperilaku baik di tempat umum ini membuktikan bahwa mereka telah dilatih dengan baik dari orang tua.






contoh yang anak ini lakukan kerja keras untuk biaya sekolah nya
5. Kerja keras
Jika sejak kecil sudah biasa malas saat dewasa pun mereka tetap akan menjadi pemalas. Jangan terlalu memanjakan anak, buat mereka lebih bertanggung jawab pada hal-hal yang mereka lakukan dalam hidup. Memaanjakan anak dengan berlebihan hanya akan membuat mereka malas.








terlihat pelajaran empati itu sangat menyenangkan orang dan juga kita
6. Empati
Mengajarkan anak untuk juga memikiran orang lain itu penting, tidak hanya berpikir tentang diri sendiri. Ikut merasakan kesusahan yang derita orang lain dan ikut memberikan solusi. Pelajaran empati ini akan membuat anaknya nantinya menjadi orang yang dermawan sampai mereka dewasa.







berbagi adalah hal yang menyenangkan

7. Berbagi adalah peduli
Anak-anak harus diajarkan untuk peduli, misalnya dengan selalu menawarkan makanan, mainan dan lain-lain kepada siapapun yang ada di sekitar mereka. Hal ini akan membuat anak menjadi individu sosial yang aktif. Saat berbaur dengan orang lain, apa yang dimilikinya akan dibagikan.



No comments :

fajarsiagian. Powered by Blogger.