Ads Top

tips membeli laptop baru di tahun 2022

Zaman sekarang semua kegiatan sudah digital mulai dari urusan sekolah, perkuliahan sampai perkantoran. Hal ini juga tidak terlepas dari peran penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Tidak seperti smartphone, komputer atau laptop memang ditunjukkan untuk kegiatan multitasking yang lebih berat. meskipun smartphone saat ini sudah mulai mampu mengunggulinya dalam beberapa hal dan aspek. Tapi kali ini kita akan membahas mengenai komputer yang bisa dibawa-bawa atau notebook. Notebook sekarang sudah harus bisa menyamai komputer tergantung kebutuhan, mulai dari hanya sekedar pekerjaan kantor biasa sampai content creator.



Kadang kita bingung untuk memilih notebook seperti apa yang cocok bagi kita. Hal paling dasar yang kita tahu adalah notebook yang kita ingin adalah harga pas dengan kebutuhan yang pas. Berdasarkan hal itu ketika kita pergi ke toko komputer, maka pegawai akan menawarkan sesuai hal yang kita sebut diatas. Oleh karena itu aku membuat tips membeli laptop baru di tahun 2022, diantara lain akan kami jabarkan dibawah ini.


1. Sistem Operasi (Windows, MAC OS, Linux)

memilih sistem operasi untuk laptop


Kagetkan, kenapa yang pertama kita perhatikan adalah sistem operasi. Ini berkaitan dengan semua aplikasi yang akan kita gunakan di kemudian. Meskipun kenyataannya semua laptop yang dijual di indonesia sudah include dengan sistem operasi Windows, kecuali jika kalian ingin membeli APPLE Macbook maka kalian akan mendapatkan sistem operasi MAC OS. Jarang sekali saya liat ada komputer laptop yang tidak menyediakan os kecuali untuk kebutuhan khusus seperti laptop lenovo thinkpad. Oke mari kita sempitkan pilihan pilihan berikut. 

Jika kalian memilih windows, ini adalah sistem operasi general yang bisa kalian gunakan. hampir semua aplikasi yang kalian butuhkan di dukung oleh sistem ini. Bagi kalian yang tidak mau ribet, sistem operasi ini cocok. Yang kedua ada MAC OS milik apple, jika kalian memilih ini maka kalian hanya bisa menggunakannya pda produk apple sperti Macbook Air, Macbook Pro dan Macbook Pro M1(ini adalah versi terbaru). Untuk yang menggunakan sistem operasi ini biasanya membutuhkan produktifitas tinggi dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi. Banyak programmer dan Designer yang memilih ini karena ini paket komplit. Ketiga dan terakhir opsi ini adalah general, maksudnya linux ini banyak sekali os turunan yang biasa kita sebut distro. Jika kalian ingin fokus sebagai sysadmin atausoftware enginer saya sangat sarankan sistem operasi ini. Sistem operasi ini banyak digunakan oleh server, Sehingga bagi yang ingin mempelajari server sangat aku sarnkan menggunakan ini. Bahkan pada saat tulisan ini dibuat, aku menggunakn os linux dengan distro elementary os. Jangan beranggapan bahwa LInux itu jadul, malahn kita dpat membangun sistem opearsi sesuai keingan kita dengan kaidah yang di tentukkan dan bisa sangat produktifitas.


2. Tampilan, Fungsionalitas dan Kenyamanan.

ukuran laptop dalam membeli laptop baru
sumber: juscreative.com


Ketika kita bicara laptop, pastilah ini merupakan komputer yang bisa dibawa kemana - mana. Tampilan juga merupakan hal penting bagiku, karena tampilan akan mempengaruhi kinerja kita bayangkan jika kita mau ngetik tapi tampilan layout dari notebook. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam memilih laptop yang akan dibeli berdasarkan ukurannya

a. Ukuran layar laptop mulai dari 12 inci sampai dengan 17 inci

b. Jenis laptop ada jenis laptop pada umumnya atau consumer, 2 in 1, convertible, dan ultrabook

c. ukuran keyboard dengan ukuran full layout yang di lengkapi dengan numpad atau yang biasa

d. ukuran touchpad dan fitur dari touchpad.


3. Mengetahui spesifikasi yang di butuhkan 

contoh spesifikasi laptop ketika ingin membeli laptop
sumber: asus


Untuk bagian ini akan di bahas sedikit teknis. Ini untuk menyesuaikan kebutuhan terkait penggunaan laptop yang akan dibeli, Dimana mencakup Processor, RAM, HDD/SSD, GPU, Display dan port yang di support. Setiap penggunaan laptop memiliki spesifikasi yang berbeda maka dari itu aku akan jelaska sedikit. Hal yang harus kalian perhatikan antara lain.


a. Processor

Untuk processor terdapat 2 brand yang cukup terkenal diluar Apple SOC dengan M1 chipnya, antara lain INTEL dan AMD. Ketika memilih laptop yang digunakan dan untuk di pakai jangka panjang, hal ini perlu di perhatikan. Jangan sampai pilihan laptop yang kita inginkan ternyata memiliki kemampuan lemot atau lola. Sedikit tips dari saya, Untuk produk intel dan penggunan sehari dan ingin jangka panjang. Kalian bisa memilih Processer Intel Seri I, sesuaikan dengan generasi terbaru saat ini. Untuk tahun ini Intel Seris I sudah masuk generasi ke 12 dengan di tandai 12xxx. Kalian bisa memilih laptop dengan Processor mulai core i3 hingga core i9 (maki keatas maka processornya makin kencang). Untuk merk AMD sendiri kalian dapat memilih RYZEN, ini merupkan processor yang cukup powerfull yang berhasil menyalip inter beberapa waktu lalu. Pilihannya kalian dapat memilih mulai dari Ryzen 3000 sampai 9000 series(semakin keatas semakin bagus processornya). 


b. RAM atau Memory

 Jika kita ingin membukan tab browser lebih dari 10, ditambah membukan berbagai macam aplikasi maka kita harus mempertimbangkan memilih laptop dengan opsi RAM yang gede. Tujuannya agar kita dapat membuka berbagai aplikasi ringan maupun berat. pada saat ini  opsi RAM yang ada antara lain 4GB dan 8GB serta 16GB untuk kelas atas. Aku menyarankan untuk membeli laptop dengan opsi ram min 8GB dan ada opsi expansi/ upgrade ram. Jika teman-teman memilih laptop dgn opsi RAM 4GB maka pastikan agar bisa di upgrade dan kalau bisa segera melakukan upgrade dengan membeli RAM dengan jenis yang sama min 4GB agar bisa di pakai di kemuddian hari.


c. HDD/SSD sebagai media penyimpanan utama.

 Untuk hal ini perlu diperhatikan dengan seksama apalagi ketika kita membeli laptop dengan sistem operasi bawaan windows 10 ataupun windows 11. Wajib hukumnya untuk memilih lapto dengan media penyimpanan SSD. Hal ini untuk membuat kinerja laptop ringan akibat indexing Windows yang berat serta SSD memiliki kemampuan READ/WRITE data yang sangat cepat dibandingkan dengan HDD pada umumnya. Kalian dapat memilih laptop dengan opsi SSD min 256GB itu sudah sangat cukup untuk penggunaan harian, kecuali kalian gaming atau konten creator maka kalian dapat memilih SSD dengan 512GB dengan opsi expansi slot penyimpanan tambahan.


d. Display/ Layar

 Menurut ku ini hal yang perlu diperhatikan, karena kita akan melihat laptop dalam waktu lama. Selain itu kita akan melihat sesuai indah di layar kan. Bayangkan kita kerja selama belasan jam di depan laptop sementara layar kita redup atau warnanya jelek. Sungguh ini menyksa matakan. Aku menyarankan untuk memilih laptop dengan layar berjenis IPS Panel, IPS hinga OLED. Selain itu jika memungkin kalian dapat memilh opsi resolusi layar hingga FULL HD(1080 x 1920) untuk hasil yang memuaskan. Meskipun kita dapat memilih laptop dengan layar (1366 x 768). Atau jika kalian intin menjadi konten kreator kalian dapat memilih opsi layar IPS hingga OLED denggan resolusi 2K hingga 4K itu akan membantu kalian dalam melihat hasil visual yang bagus.


e. Port ataupun I/O

Pilihlah laptop yang menurut kalian mudah di ooperasikan jangan sampai gara - gara port yang sedikit kita harus membeli konverternya. Ada beberepa jenis laptop yang bahkan hanya memberi kita 2 port tapi port tersebut sangat powerfull sehingga kita harus membeli adapter tambahan. Ada yang memberikan kita port melimpah tapi jadul. SEbagai catatan setiap laptop kelas konsumer akan memberikan port setidaknya USB port, dan Adapter port. Saranku adalah seminimalnya kalian pilihlah port yang mendukung USB dan HDMI serta adaptor yang terpisah sehingga akan memudahkan pekerjaan kalian.


4. Jenis jenis laptop sesuai kebutuhan dan harganya.

tipe tipe laptop yang ada di pasaran ketika ingin membeli laptop baru
sumber: mix.co.id


Lebih mudah jika kita membuat berdasarkan jenis laptop sesuai kebutuhannya. Ada yang mobilitasnya tinggi sehingga membutuhkan laptop yang ringan, tipis dan daya tahan baterai tinggi. Ada yang membutuhkan laptop hanya untuk kegiatan sehari-hari. Ada yang membutuhkan Laptop untuk kebutuhan rendering dan gaming. Tentu juda ada yang membeli laptop hanya berdasarkan harganya mulai dari rentang 5 sd 8 juta, 8juta sd 12 juta, 12 sd 20 juta, dan 20 juta keatas. Kembali ke kemampuan masing masing calon pembeli laptop.


5. Budget

menentukan laptop yang akan di beli sesuai dengan budget
sumber: unsplah


Terlepas dari semua hal diatas, ini merupakan penentu dalam kamu memilih dan membeli laptop. Tidak lain dan tidak bukan adalah budget atau duit. Berdasarkan penjelesan diatas, kamu sudah dapat gambaran laptop seperti apa yang bisa kamu beli dengan anggaran yang kamu miliki saat ini kan. Ingat hal ini juga tidak terlepas ketika kamu melihat laptop incaran kamu. untung rentanng harga biasnya aku mennyimpulkan seperti ini. Jika kita ingin membeli laptop untuk kebutuhan sehaari-hari biasanya range harga ada di 7juta s/d 10juta. Jika ingin bisa sedikit editing untuk kebutuhan kontent mulai dari 11juta s/d 20juta. Jika ingin mencari laptop dengan mobilitas tinggi harga kisaran 15juta sd 30juta. untuk gaming bisanya dari belasan juta hingga puluhan juta. Nah ada satu tipe spesial dari laptop yaitu seri workstation dengan harga hingga 50juta untuk kelas standar dan diatas 50juta bahkan hampir 100 juta untuk kebutuhan workstatsion render kelas berat sampai perhitungan komputasional rumit.

Itu saja tips untuk membeli laptop di tahun 2022 oleh fajarsiagian.com. Jika ada yang ingin ditambahkan boleh ditambahkan di kolom komentar. Semua itu kembali lagi kediri kita dan kemampuan uang kita dalam memberi barang. Tulisan ini hanya sebagai buah pikiran saya setiap kali ada orang yang bertanya soal laptop yang bagus untuk dia beli dan dia miliki. Terima kasih 

2 comments :

  1. Kalau beli bekas kira-kira apa aja yang perlu diperhatikan bang?

    ReplyDelete

fajarsiagian. Powered by Blogger.