Ads Top

Ayo bangun Web Series: Digital Nomad Marketplace Series - Perkenalan

Halo semuanya, lama tidak jumpa di blog ini setelah sekian lama akhirnya menerima tantangan dari blogger medan. tapi kali ini aku akan nulis tutorial membangun aplikasi web marketplace untuk digital nomad. Pada series ini kita akan membuat aplikasi web menggunakan PHP Laravel 8, saya tidak akan memandu tapi kita akan sama sama belajar disini. Tech Stack yang akan kita pakai adalah LAMPP (Linux, Apache, MaridDB/MySQL, PHP 7.4)



Nah untuk memulai series ini, Aku akan menggunakan Linux (aku akan bahas terpisah mengapa aku menggunakan linux) sebagai environmentnya. kemudian Menggunakan XAMPP sebagai environment development, sebenarnya inginnya menggunakan docker laravel sail tapi itu next ya. lalu untuk databasee management aku menggunakan DBeaver. (untuk link download akan aku taruh di akhir postingan ini).

Sedikit cerita kenapa ingin membangun ini dan membuat series nya. Yaitu ini sebagai catatan aku juga sehingga memudahkan aku membuat aplikasi lebih besar kedepannya, Disarankan bagi teman-teman yang baru belajar, serie ini termasuk level menengah ya karena saya tidak akan terlalu mengajari dasar-dasarnya. Selain itu kita akan langsung praktek sampai bisa kita deploy ke VPS(diakhir series akan coba saya buat). Karena ini akan memakan waktu 30 hari jadi semua tutorial ini akan di buat sesingkat mungkin tanpa memperdulikan pembaca(maaf kawan kawan,).

Oke lets go.

mari kita jelaskan apa apa saja yang akan ada pada sistem ini


  1. Sistem terdiri dari User atau Nomad, Perusahaan yang membutuhkan si Nomad, dan Admin sebagai pengelola sistem(akan di tambahkan sesuai kebutuhan)
  2. terdapat kategori pekerjaan yang bisa di cari oleh para nomad
  3. perusahaan dapat membuat postingan akan kebutuhan pekerjaan yang akan dicari oleh para nomad
  4. nomad dapat menawarkan layanannya kepada perusahaan yang membutuhkan layanannya
  5. perusahaan dapat memilih kandidat mana yang sesuai dengannya
  6. masing masing akun akan memiliki halaman profile
  7. baik perusahaan maupun nomad akan memiliki riwayat pekerjaan.
  8. perusahaan dapat memantau sejauh mana pekerjaan nomad.
  9. menggunakan email verifikasi untuk layanannya
  10. debug juga dong

Nah itu lah rangakaian aplikasi yang akan kita bangun.selain itu kita akan menerapkan beberapa hal diantara management version control menggunakan git, debug aplikasi menggunakan laravel telescope, kebutuhan sistem, membangun frontend sederhana menggunakan Bootstrap 4, menggunakna template admin sederhana.

Isi Seris akan di update sesuai berjalan waktu.

Tools yang akan kita pakai:
XAMPP  (PHP Environment) Unduh
VScode  (Code Editor) VScode
PHPStorm (Premium karena saya memakai ini, gratis pakai 30 Hari) Unduh
DBeaver (Database Management) unduh
Github (management Code)
Mailtrap (tes email)

Sampai Jumpa pada series berikutnya.

2 comments :

  1. Weeeeeee keren kali bahasan hari pertamanya, Bang Jar. Selamat menunaikan ibadah puasa, yaaaa. Lancar sampai hari terakhir. Aminnnnn.

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat banget. Otw dicoba

    ReplyDelete

fajarsiagian. Powered by Blogger.