Ads Top

Tips Agar Tidak Terjebak Pinjaman Online Nakal

Pinjaman online berbasis aplikasi memang sudah menjadi salah satu bagian yang sulit dipisahkan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup. Kini masyarakat cenderung memilih aplikasi instan yang bisa memberikan pendanaan cepat dan mudah tanpa proses yang rumit seperti mengajukan pinjaman di bank.

Tips Agar Tidak Terjebak Pinjaman Online Nakal

Kemudahan itulah yang bisa didapatkan dari beberapa ratusan aplikasi fintech lending. Sayang, kemudahan tersebut justru dimanfaatkan oleh beberapa fintech yang tidak bertanggung jawab. Padahal Otoritas Jasa Keuangan sudah mengatur ketentuan operasional fintech di Indonesia demi melindungi konsumen. Mulai dari besarnya bunga hingga aturan-aturan tentang keamanan dan perlindungan privasi data konsumen. Akibatnya, beberapa konsumen terjerat utang dan bahkan menanggung malu akibat ulah fintech nakal. Agar tidak menjadi korban berikutnya, simak beberapa tips aman agartidak terjebak oleh pinjaman online nakal.

Cek Fintech Hanya yang Terdaftar di OJK

Kenali lembaga keuangan dengan jelas. Jangan hanya modal bisa diunduh saja dan memberikan kemudahan dalam pemberian pinjaman kamu langsung percaya. Pemerintah sudah mengatur lembaga keuangan yang beroperasi di Indonesia melalui OJK. Nah, pastikan dulu bahwa lembaga keuangan tersebut sudah terdaftar di OJK. Pastikan juga bahwa lembaga keuangan yang kamu pilih memberikan informasi transparan tentang bunga, biaya administrasi, tenor, serta denda keterlambatan. Pilih lembaga keuangan yang sudah dikenal luas dan memiliki review baik seperti Kredivo. Kredivo tentunya sudah terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK.

Ketahui Manfaat, Biaya, Bunga, Cicilan dan Denda

Pastikan bahwa lembaga keuangan kamu tidak membebani dengan bunga yang memberatkan. Misalnya dengan membebani kamu dengan bunga hingga 1% per hari. Jika tenornya 30 hari, artinya kamu harus membayar bunga sebesar 30% per bulan. Semakin besar jumlah pinjaman online yang kamu ajukan, maka semakin besar pula bunga yang harus kamu bayarkan. Pilih yang pasti-pasti aja seperti Kredivo. Bunganya hanya 2,95% saja perbulan. Bunga yang sama juga diterapkan jika kamu ingin belanja secara online dengan cicilan di lebih dari 200 e-commerce merchants yang sudah bermitra dengan Kredivo.

Sesuaikan Pinjaman dengan Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Prinsip sederhana, jangan pernah meminjam lebih dari sepertiga penghasilan. Menurut beberapa pakar keuangan, persentase sepertiga dari pendapatan ini dinilai aman. Asalkan jumlah tersebut merupakan cicilan secara keseluruhan. Kadang kala ada yang salah kaprah, sepertiga dari lembaga pinjaman A dan sepertiga dari lembaga pinjaman B sehingga untuk bertahan selama sebulan kamu hanya bisa mengandalkan sepertiga sisanya. Kredivo menyediakan fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Besarnya bisa disesuaikan dengan pilihan pembayaran dalam 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan. Untuk pinjaman mini bisa dimulai dengan besar nominal antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Sedangkan pinjaman jumbo memberikan pinjaman lebih besar lagi mulai dari Rp1 juta hingga batas kredit limit yang tersisa.

Hindari Memenuhi Kebutuhan Konsumtif

Baiknya, hindari mengajukan pinjaman demi kebutuhan konsumtif belaka. Akan lebih baik jika menggunakan pinjaman untuk kebutuhan produktif seperti untuk modal usaha atau menambah modal.  Dengan begitu, usaha kamu juga akan semakin berkembang sehingga menghasilkan laba yang lebih besar. Namun, tak ada salahnya jika kamu menggunakan untuk kebutuhan mendesak seperti biaya pengobatan. Dalam kondisi darurat, apapun perlu kamu lakukan demi keselamatan jiwa diri kamu atau keluarga.

Kredivo, Fintech Terpecaya dan Transparan

Kendati lembaga pinjaman online makin marak dan makin mudah diakses, pastikan berhati-hati dalam memilihnya. Gunakan berbagai analisa dan pertimbangan mendalam sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman. Ajukan hanya pada fintech terpercaya dan transparan soal biaya seperti Kredivo. Syarat pendaftarannya pun mudah. Berusia 18 tahun, punya penghasilan tetap minimal Rp3 juta per bulan dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
Unduh sekarang aplikasi resminya di Google Play Store ataupun App Store untuk mendapatkan pinjaman dengan mudah dari Kredivo.



1 comment :

  1. Kredivo ini familiar di masyarakat, bunganya cukup ringan ya dibawah 3% perbulan, bisa jadi solusi kakau butuh pinjaman mendadak

    ReplyDelete

fajarsiagian. Powered by Blogger.