Ads Top

Kelebihan dan Kekurangan Letak Lantai Unit Apartemen


Bagi para kaum urban di perkotaan yang menginginkan beragam kemudahan dalam kehidupannya, apartemen merupakan pilihan hunian yang dirasa paling sesuai sebagai tempat bermukim.

Kelebihan dan Kekurangan Letak Lantai Unit Apartemen


Tidak heran jika supply apartemen baru terus tumbuh seiring bertambahnya permintaan dari kaum urban. Hal tersebut tercermin pada jumlah pasokan unit apartemen pada kuartal III-2018. Dilansir dari laporan Jones Lang LaSalle (JLL) Indonesia, pasokan apartemen baru diketahui mencapai 1.276 unit pada triwulan III 2018

Kecocokan tipe hunian vertikal untuk kaum urban dikarenakan beragamnya fasilitas penunjang kehidupan yang memanjakan para pemukiman.

Namun, di tengah-tengah fasilitas yang beragam dan menunjang kehidupan para pemukimnya, justru kesulitan hadir disaat memilih letak tempat bermukimnya. Berbeda dengan hunian tapak, unit hunian dalam apartemen diketahui merupakan tipe hunian yang terintegrasi dalam satu bangunan dengan belasan hingga puluhan lantai yang menjulang tinggi ke atas.

Seringkali pemilihan 'di lantai mana' unit yang akan dimiliki menjadi pertimbangan yang sangat dipikirkan. Masing-masing lantai tentu menawarkan plus minus yang berbeda bagi para calon pembelinya.

Teruntuk anda yang galau dalam menentukan letak unit, Lamudi.co.id menyediakan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh unit apartemen di lantai bawah dan lantai atas.

Unit Apartemen di Lantai Atas

Kelebihan

Kesan Privat
Semakin tinggi lantai apartemen, para pemukim akan merasa huniannya bernilai eksklusif dan privat. Hal tersebut dikarenakan minimnya kebisingan dari suara aktivitas dari penghuni apartemen lainnya. Bagi anda yang ingin mendapatkan suasana yang nyaman dan tenang, apartemen lantai atas merupakan pilihan terbaik jika dibandingkan apartemen di lantai bawah.

View Menarik
Kelebihan yang tidak akan anda temukan jika membeli apartemen di lantai bawah adalah pemandangan yang lebih menarik jika memiliki unit apartemen di lantai atas. Dari lantai yang tinggi pula, para pemukim akan lebih mudah untuk memantau kondisi lalu lintas lebih luas sebelum melakukan aktivitas sehari-harinya.

Nilai Investasi Tinggi
Bagi anda yang melirik dan membeli apartemen dijual untuk kebutuhan investasi, apartemen di lantai atas sudah pasti memiliki nilai yang sangat tinggi. Hal ini juga berkaitan dengan kesan ekslusifitas, privat dan pemandangan yang dihadirkan dari unit tersebut.

Kekurangan

Banderol Harga
Jika dibandingkan dengan unit apartemen di lantai bawah, apartemen di lantai atas diketahui selalu memiliki harga yang lebih mahal. Menurut penelusuran Lamudi, harga yang dibanderol pun memiliki selisih yang cukup jauh. Terdapat sejumlah developer yang membanderol harga jual apartemen di lantai atas hingga Rp100 juta selisihnya dibanding unit di lantai bawah.

Paling Diincar
Kesan eksklusif dan privat ditambah pemandangan menarik membuat persaingan dalam pembelian unit lantai atas sangat tinggi. Rata-rata dalam sejumlah apartemen yang ditawarkan di wilayah manapun, unit lantai atas yang paling cepat sold out. Bagi anda yang membeli hunian untuk ditempati secara terus menerus (end-user), anda juga akan menghadapi intensitas persaingan yang lebih tinggi dengan para investor hunian vertikal tersebut

Resiko Tinggi
Menghuni di unit-unit teratas dalam hunian vertikal diketahui berpotensi mendapatkan resiko tinggi di saat terjadinya sebuah bencana, misalnya gempa bumi, kebakaran, atau keadaan darurat lainnya yang membutuhkan evakuasi dini. Resiko yang akan akan diterima bagi para pemukim di lantai atas adalah lama waktu saat pengevakuasian.

Lebih lanjutnya, dalam kondisi cuaca yang ekstrim, keadaan langit-langit di unit atas akan terasa lebih mencekam dibanding unit lantai bawah, sehingga memungkinkan timbulnya trauma minor atau phobia kepada para pemukiman.

Unit di Lantai Bawah

Kelebihan

Lebih Murah
Mengacu pada harga lebih mahal dari developer untuk apartemen di lantai atas, unit lantai bawah sudah pasti dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Kecepatan Akses
Bagi anda yang memiliki aktivitas dengan mobilitas tinggi atau membutuhkan kecepatan, unit di lantai bawah merupakan pilihan yang lebih tepat. Berkaca pada kekurangan unit lantai atas pada kondisi darurat, proses evakuasi menuju titik aman di lantai dasar juga tergolong lebih cepat.

Ramah untuk Fobia Ketinggian
Jarak pandang dari unit ke dasar apartemen terkesan tidak terlalu menakutkan hingga memunculkan trauma pada para pengidap fobia ketinggian.

Kekurangan

Rentan akan Polusi
Kedekatan antara dasar apartemen dengan unit pada lantai bawah membuat potensi terkena polusi udara lebih besar dibanding lantai atas. Selain polusi udara, para penghuni di lantai bawah juga akan lebih banyak mengalami kebisingan suara dari sejumlah aktivitas yang ada terjadi di lantai dasar apartemen.

View Terbatas
Selain jarak pandang dari unit ke beberapa jalanan di sekitar apartemen yang terbatas, para penghuni unit di lantai bawah akan dihadirkan pemandangan yang stagnan dan tergolong tidak menarik jika dibandingkan dengan unit di lantai atas.

No comments :

fajarsiagian. Powered by Blogger.