Ads Top

Perhatikan Hal Ini ketika kalian membeli laptop bekas

Sekarang itu jaman terus berkembang. Yang dulu harga laptop untuk spek core i3 di kirasarn 5 jutaan sekarang sudah menyentuh harga 7 sd 8 jutaan. Tidak banyak juga orang yang akhirnya memilih untuk membeli laptop bekas. Tapi kalau kita tidak jeli dalam membeli laptop bekas walhasil yang aturannya mendapat laptop dengan kualitas ok, malah mendapat laptop yang tidak tahu keadaannya. Untuk itu disini aku menyusun tulisan berupa panduan membeli laptop bekas. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika membeli laptop bekas antara lain: 




kualitas keyboard

mengecek keybaord untuk memastikann semuanya bisa diketik


Pada saat membeli laptop, ada beberapa hal yang harus diperhatiakan. Keyboard juga harus menjadi hal yang harus di perhatikan dengan seksama. Jangan gara gara satu tombol rusak kita harus mengganti keyboard baru atau membeli keyboard eksternal yang tentunya membuat kita tidak nyaman saat kerja mobile. Untuk memastikan keyboar laptop bekas yang kamu incar oke dan topcer, kamu bisa menggunakan aplikasi online keyboard tester. Aplikasi ini akan membantu apakah ada tombol yang tidak berfungsi dengan semestinya. selain itu kamu juga harus bisa merasakan feel ketikan ketikan mengetik menggunakan keyboard laptop tersebut. Jika terasa sudah lemas atau loyo atau feedback tekanan dari keyboard terasa lemah bisa di pastikan bahwa laptop sudah cukup berumur. Ini tergantung tipe keyboard yang digunakan oleh laptop tersebut.


Sensitivitas touchpad

sensitivitas pada touchpad


Hal yang kalau perangkat ini rusak, tingkat kenyaman bekerja secara mobilitas terasa kurang nyaman dan enak. Kita juga harus mengetes touchpad ini. Jangan sampai ketika kita sudah membelinya ternyata touchpadnya error atau hang. Cobalah untuk menggerakkan touchpad secara perlahan lahan hingga kemudian kamu gerakkan secara cepat.  Ini untuk menguji tingkat sensitifitas pada touchpad laptop bekas yang akan kamu beli. Selain itu cobalah melakukan sentuhan pada touchpad berupa satu jari, dua jari dan tiga jari. Pada beberapa os terbaru ini sangat berguna. Dan kemudian tes click pada touchpad, tujuannya untuk memastikan pemakaian wajar pada laptop bekas. Jika terasa masih ada feedback yang cukup keras bisa dipastikan seger.


Lihat kondisi layar atau panel laptop

melihat layar laptop yang jernih


Untuk melihat kondisi layar, tingkat kejelian mata harus digunakan. Caranya cukup simple pada layar mati coba di senter untuk melihat apakah ada retakan pada layyar atau tidak. Bahkan cara ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah laptop pernah terendam atau tidak. Jika kalian menemukan ada cairan di seekitar pinggiran layar laptop, bisa jadi penyebabnya adalah kerendam air atau tertumpah zat cairan. Setelah oke ketika layar gelap sekarang coba kalian ceek pada saat layar hidup, Kalian juga dapat mencoba ketika melihatnya dalam keadaan menonton video, Ini bertujuan untuk melihat kualitas jenis layar dan juga ketajamannya. Dikarenakan laptop lama ada kemungkinan ketajamannya baerkurang dan juga biasanya akann muncul garis lurus panjang. Laptopp bekas yang sehat akan terlihat dari layarnya yang masih jernih dan enak di pandang mata.


Kondisi dan keadaan baterai

keadaan battery pada laptop


jangan berharap kalian akan mendapatkan baterai pada kondisi 100 persen pada saat membeli laptop bekas. Biasanya laptop yang telah berumur hanya bisa bertahan antara 1 hingga 3 jam. Melihat dari umur baterai yang setiap saat akan terus berkurang. Hal ini untuk memastikan bahwa laptop bekas yang akan dipakai bisa bertahan lama saat dibawa keluar atau dalam keadaan mobile. Tapi jika hanya di gunakan dalam keadaan didalam rumah, hal ini tidak perlu terlalu di perhatikan.


Engsel pada layar laptop

engsel laptop yang bagus bisa dibuka tutup dengan mudah


coba lakukan proses buka tutup laptop menggunakn satu jari atau satu tangan. Laptop yang terawat akan terlihat ketikan kita menganggat laptop dengan mudah tetapi terasa sedikit keras dan tertahan. Maksudnya adalah kalau engsel yang bagus biasanya diakan tahan dengan tekanan. yang menjadi masalah adalah dudukan baut pada engsel. Akan kelihatan dika umur laptop tua ketika diangkan ada bodi yang terangkat juga. Kalian bisa mencurigai bahwa laptop bekas tersebut pernnah dibongkar atau jatuh. 


Fisik body pada laptop 

laptop bekas dengan fisik yang bagus


Untuk hal ini cukup simple, kalian cukup cek apakah jumlah baut yang terpasang pada dudukan baut sudah terpasang semua atau tidak. Kadang laptop yang sudah pernah dibongkar akan kelihatan dari jumlah baut dengan lubang baut yang tidak seragam, biasanya akan ada satu atau dua lubang baut yang tidak memiliki baut. Kalian bisa mencurigai bahwa laptop bekas tersebut pernah dibongkar. Tapi kalian harus pastikan bahwa laptop bekas yang dibongkat tersebut bukan untuk melakukan upgrade perangkat melainkan perbaikan perangkat yang terdappat didalam body laptop bekas terseabut. Jika bodi laptop tidak bagus, akan terlihat dari bagian layer lapto yang satu dengan yang lainnya ada sedikit retak tak beraturan.


Cek spesisikasi laptop agar bisa di upgrade

mengecek spesifikasi laptop agar bisa upgrade


Kalian harus pastikan bahwa laptop bekas yang ingin kalian beli memiliki opsi untuk melakukan upgrade. Hal yang bisanya dapat di upgrade adalah SSD, HDD, dan Ram. selain itu saya rasa sulit keculai perangkat external seperti VGA Card external. Ini akan memudahkan kalian saat membli laptoap bekas dimana kalian dapat upgrade perangkat tersebut untuk pemakaian panjang beberapa tahun ekedepannya. pstikan juga bahwa spek laptop tidak jauh dari 7 tahun jarak dari laptop yang terakahir dikeluarkan didalam ltahun ini. Ini untuk mengecek kompabilitas yang dibutuhkan oleh orang yang menggunakn komputer dalam kehidupan sehari- hari.


Nah menurutku itu saja hal yang harus kalian perhatikan ketika ingin membeli laptop bekas. Semoga  membantu kalian dalam memilih laptop bekas dan berkualitas.


2 comments :

  1. Anonymous03:08

    makasih infonya

    ReplyDelete
  2. Selain menggunakan aplikasi online keyboard tester, apakah ada cara lain untuk memastikan bahwa keyboard laptop bekas berfungsi dengan baik?
    Telkom University

    ReplyDelete

fajarsiagian. Powered by Blogger.